Senin, 27 September 2010

tugas 1 siskom (sejarah komputer generasi pertama)

      Pada awalnya komputer generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia kedua negara-negara yang ikut terlibatdalam perang dunia itu saling berlomba mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategi yang dimiliki oleh komputer. Hal ini mempengaruhi peningkatan pendanaan pengmbangan komputer, juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik komputer. Tahun 1943, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer Z3 untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali.

       Pihak sekutu yang juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kemajuan komputer. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi nama Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman. Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembangan industri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan yaitu: 1. Colossus bukan komputer serbaguna, 2. keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaanya hingga satu dekade setelah perang usai.

       Sedangkan usaha yang dilakukan pihak Amerika pada saat itu adalah menghasilkan suatu kemajuan lain, jika dibandingkan dengan sekutu. Seoramh insinyur Harvard yang bernama Howard H.Aiken (1900-1973) bekerja sama dengan IBM, berhasil menghasilkan kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran sangat besar, yaitu dengan panjang setengah lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500mil. Komputer itu adalah: The Haervd-IBM Autometic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakan komponen mekanik. Mark I beroprasi dengan lambat, ia memerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel yaitu urutan kalkulusnya tidak dapat diubah. Mark I tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

        Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Intgrator and Computer singkatanya adalah ENIAC, yang diciptakan berkat kerjasama antara pemerintahg Amerika dan University of Pennsylvania.komputer ENIAC terdiri dari 18000 tabung vakum , 70000 resistor, dan 5 juta titik solder,komputer ENIAC merupakan komputer yang sangat besar ia membutuhkan daya sebesar 160 kW.

        Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert(1919-1995)dan Jhon W.Mauchly(1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark I.

       Kemudian pada pertengahan tahun 1940-an, Jhon von Neumann(1903-1957)bergabung dengan tim University of Pennsylvinia dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer. Von Neumann mendisain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC)pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Cara ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikordinasikan melalui satu sumbertunggal. Pada tahun 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya adalah Universal Automatic Computer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann itu.

        Badan Sensus Amerika dan General Electric memiliki UNIVAC Salah satu hasil yang sangat mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah pada saat berhasil memprediksi kemenangan Dwilight D.Eisenhower dalam pemilihan presiden pada tahun 1952.

        Komputer generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instryksi oprasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan "bahasa Mesin". Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum(yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungsi sebagai penyompan data
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar